Rabu, 30 November 2011

POTENSI DALAM DIRI MANUSIA

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Dalam hal ini tentunya kita semua tau setiap manusia memiliki potensi yang berbeda-beda, tentunya cara dan jalan yang mereka pilih untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka juga berbeda.Tetapi dalam proses mengembangkan potensi dalam diri kita tidak selalu berjalan dengan baik ada berbagai macam hambatan internal maupun eksternal. Hambatan internal ada pada diri kita sendiri salah satunya sifat malas dalam diri kita.Misalkan dalam diri seseorang ,dia suka dengan pelajaran yang berhubungan dengan hitung-hitungan tetapi jika dia malas berlatih tentunya dia tidak akan bisa mengerjakannya. Dan hambatan eksternal bisa pada lingkungan ,"ada seseorang yang memiliki potensi di bidang akademis, dia termasuk orang yang rajin dan pintar, namun suatu ketika dia diajak temannya untuk bermain dan dia merasa senang hingga dia malas belajar." kejadian seperti ini sudah termasuk hambatan dalam mengembangkan potensinya. Sejujurnya saya sendiri lebih ingin masuk D3 di bandingkan S1, karna saya lebih suka belajar yang lebih banyak  terjun ke lapangan dalam arti PRAKTIK karna lebih cepat saya mengerti di bandingkan harus mendengarkan atau membaca teori yang diberikan oleh guru atau dosen sejujurnya saya sendiri seorang yang pemalas , sayapun lebih suka memegang bola basket di bandingkan harus memegang buku yang tebal -__-" .Walaupun begitu saya tetap belajar untuk mendapatkan ilmu karena setiap manusia harus memiliki ilmu.Cara saya untuk mengembangkan potensi dalam diri saya yaitu terus berusah dengan mengasah atau berlatih dan berdoa. Karena kata ayah saya "Tidak ada usaha yang berjalan dengan baik jika kita tidak berdoa minta bantuan kepada Tuhan" , kata-kata itu yang selalu saya ingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar